Minggu, 11 Februari 2018

Cara Mengelola Sampah Rumah Tangga

Cara mengelola sampah rumah tangga - Sampah adalah salah satu bagian dari masalah di kehidupan sehari hari umat manusia. Kebutuhan dan juga gaya hidup yang semakin meningkat menyebabkan pertumbuhan sampah di dunia ini juga semakin meningkat. Banyak sekali jenis sampah yang dapat di temui di dunia ini dari mulai sampah masyarakat sampai degan sampah rumah tangga. Semua sampah tersebut adalah masalah yang berbeda beda mengenai cara mengolahnya.

Sebagaimana contoh sampah rumah tangga yang pastinya akan berdampak buruk bagi orang yang memilikinya ataupun kepada orang orang yang berada di sekitar lingkungannya. Pengetahuan mengenai Cara Mengelola Sampah Rumah Tangga ini harus diketahui oleh setiap elemen masyarakat agar tidak berdampak masalah besar di kemudian hari. Selain itu, untuk orang orang yang telah berumah tangga juga bisa menggunakan cara mengolah ini agar bisa menjaga kesehatan dan kebersihan rumah tangganya.


Cara pertama yang dapat di praktekkan untuk mengelola sampah rumah tangga ini adalah dengan meletakkan kantong plastik ke dalam tempah sampah yang telah disediakan, atau bisa juga dnegan menggunakan trash bag. Dengan memasang kantong plastik ke dalam tempat sampah yang dimiliki atau dengan menggunakan trash bag, maka sampah sampah hasil rumah tangga dapat di masukkan ke dalam kantong plastik atau trash bag tersebut hingga penuh. Dengan cara yang sangatlah sederhana ini juga akan lebih memudahkan pada saat membuang sampah rumah tangga tersebut ke tempat pembungan sampah akhir.

Cara kedua adalah dengan memisahkan antara sampah organik dengan sampah non organik. Cara ini dapat dilakukan dengan menyediakan dua tempat sampah yang berbeda untuk wadah sampah antara sampah organik dan sampah non organik. Perlu diketahui sebelumnya bahwa sampah organik merupakan sampah hasil dari sisa sisa makanan, sementara non organik adalah yang berupa plastik dan lain lain. Dengan memanajemeni sampah menggunakan cara ini akan lebih memudahkan untuk mengelola sampah sampah rumah tangga tersebut.

Selanjutnya mengenai Cara Mengelola Sampah Rumah Tangga adalah dengan tidak membiarkan sampah rumah tangga menggunung. Hal ini akan menyebabkan timbulnya bau di dalam rumah dan juga membiarkan kesehatan serta kerbersihan terganggu dengan sampah yang menggunung ini. Langkah selanjutnya adalah dengan tetap mencuci tempat sampah. Meski tempat sampah adalah lokasi kotor, tetap saja mencucinya menjadi salah satu bagian terpenting.


Hal ini selain untuk tetap menjaga kebersihan juga diperlukan agar kuman maupun bakteri yang melekat di dalam tempat sampah dapat menghilang dan menghidarkan pemilik dari sakit akibat bakteri dan kuman dari tempat sampah ini. Dan cara terakhir adalah dengan melakukan 3R yakni Reduce, Reuse, Recycle. Dengan menggunakan 3R ini maka akan dapat selalu menjaga kebersihan rumah tangga dari gunungan sampah ataupun sampah yang berantakan.


Dalam mengelola sampah dalam bentuk ataupun jenis apapun tetap harus diperhatikan prosedur dan juga tata caranya agar menghindarkan anda sebagai pemilik dan pengelola sampah dari dampak  buruk yang dihasilkan oleh sampah. Cara Mengelola Sampah Rumah Tangga dalam artikel ini dapat anda jadikan sebagai salah satu referensi untuk mengelola sampah rumah tangga anda di rumah anda masing masing.