Minggu, 11 Februari 2018

Cara Mengolah Bambu Menjadi Kerajinan Anyaman

Cara mengolah bambu - Bambu adalah salah satu tumbuhan atau tanaman yang sangat mudah diketemukan terutama di Negara Indonesia ini. Bambu sendiri dapat digunakan untuk berbagai macam barang atau bahan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Berbagai macam bentuk dari penggunaan bambu diantaranya adalah bambu dapat digunakan sebagai pengganti kayu untuk menyangga genteng rumah. Selain itu dan kebanyakan bambu akan dijadikan sebagai bahan kerajinan dari mulai tas sampai dengan anyaman.

cara mengolah bambu

Untuk anda yang sangat suka dengan berbagai macam kerajinan anyaman yang terbuat dari bahan dasar bambu. Artikel Cara Mengolah Bambu menjadi kerajinan anyaman ini bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk anda membuat kerajikan bambu anyaman ini di rumah anda sendiri sendiri. Kerajinan anyaman bambu ini bisa anda jadikan hiasan di dalam rumah anda ataupun juga bisa anda jual untuk mendapatkan laba.

Langkah pertama untuk anda yang ingin membuat kerajinan anyaman berbahan dasar bambu adalah dengan menyiapkan bahan utamanya yakni bambu itu sendiri. Mengenai banyaknya bambu ataupun ukuran dari bambu, anda bisa sesuaikan dengan kerajinan anyaman bambu yang anda buat. Utamakan memilih bambu yang sudah matang. Bambu yang terlalu tua usianya akan menyulitkan anda saat membentuk kerajinan anyaman tersebut.

Setelah mempersiapkan bahan utamanya maka selanjutnya adalah mempersiapkan alat alat untuk memotong dan membelang bambu tersebut yang diantaranya adalah gergaji, pisau serut, paku kecil, dan juga parang. Lalu selanjutnya adalah dengan membelah bambu secara singkron atau pas mengikuti ruas ruasnya. Memangkas bambu tersebut degan rapi dan sebelum menggunakan bahan baku tersebut dianjurkan untuk memanaskannya terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kkadar air yang ada di dalam bambu tersebut.

Selanjutnya setelah bambu di rasa cukup atau bahkan sangat kering maka saatnya untuk membelah bambu tersebut lagi menjadi dua bagian. Membelah bambu tersebut dilakukan dengan cara vertikal. Setelah membelahnya secara vertikal maka langkah selanjutnya adalah dengan meraut bambu tersebut menggunakan pisau raut. Meraut bambu ini untuk menjadikannya beberapa potongan kecil dan juga tipis. Sangat disarankan untuk berhati hari agar rautan dapat berhasil sempurna dan tidak terlepas di tengah jalan.

kerajinan bambu

Setelah merautnya menjadi potongan potongan tipis, maka saatnya untuk mengayam bambu tersebut sesuai dengan pola yang anda pelajari untuk dijadikan suatu bentuk barang kerajinan seperti kipas, tempat tisu, kotak lampu dan lain sebagainya. Secara garis besar caranya adalah dengan menyiapkan dua helai bambu untuk permulaan dengan posisi satu bambu menghadap ked aging dan satunya menghadap ke kulit.

Lalu selanjutnya adlaah dengan menyiapkan satu helai bambu lagi yang akan digunakan untuk sumbu anyaman. Dan pada saat inilah waktunya untuk melakukan penganyaman bambu dengan formasi zig zag yang bertujuan untuk mempermudah menganyam bambu tersebut. Bentuk pola secara rapi hingga menjadi sebuah benda yang anda inginkan. Cukup mudah bukan? Itulah Cara Mengolah Bambu menjadi kerajinan anyaman yang dapat anda jadikan referensi untuk kerajinan anyaman baru anda.