Sabtu, 10 Februari 2018

Cara Mengolah Buah Apel Menjadi Keripik

Cara mengolah buah apel menjadi keripik - Di Indonesia atau bahkan di dunia ini pastinya terdapat berbagai macam jenis keripik dengan bahan baku yang bermacam macam juga. Dari mulai keripik singkong yang paling populer sampai dengan keripik buah. Keripik buah itu pun juga memiliki banyak sekali jenisnya, dan salah satunya adalah keripik buah apel.Keripik buah apel merupakan sebuah inovasi pengembangan dari jenis keripik buah untuk lebih  memberikan nilai jual kepada buah apel atau bahan apel yang dimiliki.

keripik buah apel

Cara Mengolah Buah Apel Menjadi Keripik sendiri sebenarnya merupakan hal atau pekerjaan yang cukup mudah. Tidak banyak membutuhkan bahan baku dan juga tidak banyak menggunakan alat. Bagi orang orang rumah tangga atau yang memiliki industri rumah tangga pun juga bisa mempraktekkannya. Yang pertama yang perlu diketahui dan juga disiapkan oleh seseorang yang akan membuat keripik buah apel adalah bahan. Bahannya antara lain adalah buah apel itu sendiri sebagai bahan utama yakni buah apel yang masih segar. Lalu bahan yang kedua adalah minyak goreng.

Untuk alat yang dibutuhkan saat ingin membuat keripik buah apel ini diantaranya adalah alat kupas ataupun pisau, penggorengan secara manual ataupun dengan mesin seperti mesin vacuum friying. Setelah pengelompokkan alat dan juga bahan telah lengkap maka selanjutnya adalah memasuki proses pembuatan dari keripik buah apel. Cara Mengolah Buah Apel Menjadi Keripik yang pertama adalah dengan melakukan pengupasan terhadap apel segar yang telah disiapkan awal.

Pengupasan ini bertujuan untuk menghilangkan kulit dari buah apel sehingga aakan menyisakan daging buahnya saja. Langkah yang kedua adalah dengan mencuci buah apel yang telah dikupas sebelumnya dengan menggunakan air bersih yang telah disediakan. Langkah ketiga adalah melakukan pengirisan terhadap apel yang telah di cuci bersih. Ukuran dari tiap irisan tersebut bisa sesuai dengan selera masing masing, namun yang paling efektif adalah dengan mengiris apel tersebut tipis-tipis.

Pengirisan tipis ini akan lebih mudah jika menggunakan alat khusus yang digunakan untuk mengiris keripik keripik. Setelah diiris tipis-tipis maka langkah selanjutnya adalah dengan merendam irisan dari buah apel tersebut ke dalam air bersih dalam kurun waktu 30 menit. Setelah 30 menit kemudian, maka yang akan terjadi adalah warna dari apel yang semula putih berubah menjadi kecoklatan. Pada saat inilah waktu yang tepat untuk mengangkat apel irisan dari rendaman air.

Setelah apel diangkat maka langkah selanjutnya adalah memasukkan apel ke dalam penggorengan yang telah diberi minyak sebelumnya. Pada tahap penggorengan ini, dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 jam sampai keripik apel benar benar jadi dan siap dinikmati. Setelah 1 jam berlalu maka waktunya untuk mengangkat keripik buah apel dari penggorengan untuk selanjutnya keripik buah apel tersebut didinginkan dengan suhu normal. Dan terakhir adalah keripik buah apel siap untuk dinikmati.

keripik apel

Selain mempunyai kandungan yang baik untuk tubuh,keripik buah apel ini merupakan camilan yang menyehatkan lho,dan saya yakin kamu semua bakalan ketagihan untuk memakannya.

Nah, begitulah Cara Mengolah Buah Apel Menjadi Keripik yang dapat anda jadikan sebagai salah satu referensi anda untuk membuat cemilan keripik buah apel di rumah. Sementara buat anda yang ingin memanfaatkan keripik buah apel sebagai bahan perdagangan, maka anda bisa gunakan mesin vacuum frying agar hasil yang anda dapatkan maksimal, berkualitas dan menghemat waktu.