Sabtu, 10 Februari 2018

Cara Mengolah Sekoteng Minuman Tradisional Jawa Tengah

Cara mengolah sekoteng - Sekoteng merupakan salah satu minuman tradisional asli dari Indonesia. Tepatnya adalah minuman ini berasal dari Jawa Tengah. Meskipun jaman terus silih berganti hingga sampai pada saat ini memasuki era modern, sekoten masih tetap dicari oleh kalangan masyarakat baik di Jawa Tengah itu sendiri ataupun di luar Jawa Tengah. Di Jawa Tengah maupun di luar Jawa Tengah, oleh masyarakat Indonesia minuman ini dipercaya berkhasiat untuk memberikan tambahan terhadap daya tahan tubuh seseorang.

sekoteng

Minuman sekoteng ini sendiri selalu disajikan dalam bentuk hangat maupun panas. Di dalamnya ada beberapa jenis perpaduan bahan antara rempah rempah dengan bahan bahan lainnya seperti kacang kacangan dan juga roti. Nah untuk anda yang ingin mencoba untuk membuat minuman sekoteng ini sendiri di rumah. Berikut adalah Cara Mengolah Sekoteng  yang mudah dipraktekkan dimanapun anda berada.

Langkah pertama yang dilakukan untuk mengolah sekoteng ini adalah dengan menyiapkan berbagai macam bahan yang dibutuhkan. Bahan bahan dari sekoteng ini merupakan bahan yang mudah di dapatkan di kehidupan sehari hari, namun jumlah dari kombinasi bahan inilah yang membuatnya terlihat sangat rumit. Untuk jenis bahan ini dalam sekoteng nantinya akan dibedakan menjadi dua bahan saji. Yakni yang pertama di sebut dengan bahan isian lalu yang kedua adalah bahan kuah jahe.

Bahan isian terdiri atas 75gr manisan berupa manisan kolang kaling yang telah di potong potong kecil kecil. Lalu bahan selanjutnya adalah 4 lembar roti tawar juga dipotong membentuk dadu dan ada baiknya roti tawar ini disangrai dalam waktu singkat terlebih dahulu. Bahan selanjutnya untuk isian adalah 50gr kacang tanah yang telah dikupas lalu disangrai secara matang dan di cincang secara kasar. Bahan selanjutnya adalah 100gr kacang hijau yang telah direbus dan telah mengembang.

Bahan terakhir untuk isian sekoteng adalah 50gr pacar cina yang telah direbus matang. Selanjutn untuk membuat kuah jahe adalah 850ml air ditambahkan dengan 50gr jahe yang telah dibakar layu dan dikupas. Lalu ditambah dengan 4 batang serai yang diambil bagian putihnya yang dimemarkan. Lalu ditambahkan dengan 2cm kayu manis, 2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun pandan dan 150gr gula pasir.

sekoteng

Langkah selanjutnya dari Cara Mengolah Sekoteng adalah dengan memasukkan dan menata seluruh isian dari mulai kolang kaling sampai dengan pacar cina. Setelah isian ditata dalam satu mangkuk, siram atau tuangkan kuah jahe yang telah dimasak matang sebelumnya. Dan untuk variasi terakhir sebelum penyajian adalah dengan menaburkan roti tawar potongan dadu beserta kacang tanah di atasnya. Setelah selesai, sekoteng sudah siap disajikan dalam keadaan panas maupun hangat.

Begitulah Cara Mengolah Sekoteng , minuman tradisional menyehatkan dan sederhana yang sampai dengan saat ini masih diminati banyak kalangan karena khasiat dan manfaatnya terhadap daya tahan tubuh seseorang.