Selasa, 13 Februari 2018

Cara Mengolah Tembakau Menjadi Rokok

Cara mengolah tembakau menjadi rokok - Rokok adalah salah satu benda yang sudah lama dikenal dan juga digunakan atau dihisap oleh banyak orang dari dulu sampai dengan saat ini. Namun tahukah anda bahwa ada beberapa tahapan untuk propengolahan rokok itu sendiri? Dari mulai tembakau sampai dengan menjadi sebatang rokok yang doiap untuk diperdagangkan. Dalam artikell ini akan dibahas beberapa proses Cara Mengolah Tembakau menjadi rokok yang dapat menambah pengetahuan dan juga wawasan anda.


Cara mengolah tembakau menjadi rokok

Langsung saja, dalam proses pengolahan tembakau sampai dengan menjadi rokok ada beberapa tahapan dimana pada awal mulanya disebut dengan proses primary. Proses primary ini merupakan proses pengolahan bahan dari rokok yang dapat dikatakan bahan bahan yang kondisinya masih setengah jadi sampai dengan menjadi sebuah prolduk yang siap untuk dijual. Dalam proses primary yang dijalankan ini akan menjadi penentu dari rasa dengan kadar 90% dan sisanya sebanyak 10% merupakan sensasi dari rokok yang nantinya berada pada bagian filter atau proses linting.

Dapat dikatakan juga bila dalam proses primary ini merupakan jantung utama dari proses perusahaan rokok dalam membuat rokok. Dalam proses primary ini akan terbagi menjadi beberapa proses lagi yang diantaranya adalah pertama disebut dengan proses slicing. Proses ini adalah proses pemotongan tembakau yang berbentuk kubus yang telah diperoleh dari para supplier tembakau. Dalam proses ini alat yang akan digunakan oleh pihak perusahaan dinamakan dengan guillotine.

rokok tembakau

Proses selanjutnya dalam Cara Mengolah Tembakau menjadi rokok dinamakan dengan conditioning. Dalam proses ini tembakau yang telah dipotong akan diatur kondisi serta tingkat kelembapan dari tembakau itu sendiri. Proses untuk mengatur kelembapan tembakau ini akan menggunakan proses atau alay semprot yang disebut dengan penyemprotan steam secara langsung ataupun secara tidak langsung. Setelah itu adalah dinamakan dengan proses casing. Dalam proses casing ini alat yang dibutuhkan berupa tangki casing dan juga dosing sistem.

Dalam proses casing ini juga ada tahappan berupa FM Classification atau pendeteksian material material asing yang bercampur di dalam tembakau kering yang akan diolah. Proses setelah casing adalah prose cutting dimana dalam proses ini adalah proses yang sangat kritikal diantara proses lainnya. Dalam proses yang satu ini, kualitas hasil pemotongan akan benar benar berpengaruh terhadap karakteristik sebuah produk di tahap akhir nantinya.

Setelah proses tersebut lalu selanjutnya adalah prose expansion dan juga proses drying. Dalam proses ini merupakan proses pengeringan kembali tembakau. Dalam proses ini harus mencapai tingkat pengeringan hingga 0,3 sampai dengan 0,8% dari 25 sampai dengan 30%. Lalu selanjutnya adalah proses flavor dan untuk proses terakhir adalah proses storage dimana dalam prosess proses ini berbeda prosesnya dari satu pabrik dengan pabrik lainnya.

Nah begitulah kira kira proses Cara Mengolah Tembakau menjadi rokok yang dilakukan oleh pabrik pabrik rokok sebelum menjadi produk yang siap untuk dipasarkan kemudian.