Rabu, 14 Maret 2018

Cara Mengolah Aci Goreng Renyah Dan Sedap


Cara mengolah aci goreng - Aci goreng atau biasa disebut oleh semua kalangan di Indonesia dengan nama cireng adalah salah satu cemilan yang berasal dari ibukota Bandung. Cemilan ini adalah cemilan yang begitu disukai oleh banyak kalangan baik itu anak anak kecil, remaja maupun dewasa. Rasanya yang renyah dengan tambahan beberapa bumbu bumbu penyedap membuatnya menjadi salah satu primadona di bidang cemilan Indonesia. Namun, tahukan anda bahwa cireng ini bisa anda buat sendiri di rumah?


Cara mengolah aci goreng

Nah, untuk anda yang ingin mencoba membuat olahan aci goreng yang renyah dan juga sedap untuk dinikmati oleh anda sekeluarga di rumah. Berikut adalah Cara Mengolah Aci Goreng yang renyah dan sedap untuk cemilan anda sekalian bersama sama dengan keluarga anda. Terlebih dahulu sebelum membuat aci goreng ini, maka yang perlu anda siapkan adalah bahan baku komplit untuk menjadikan cireng anda sempurna seperti yang dijual oleh para pedagang cireng di Indonesia.

Bahan pertama yang perlu anda siapkan adalah 250gram tepung tapioka dimana tepung ini oleh sebagaian kalangan atau banyak kalangan lebih dikenal dengan nama tepung kanji. Untuk bahan yang pertama ini, pastikan bahwa anda telah memilih tepung tapioka yang bekhualitas baik yakni bersih dan juga tidak memiliki bau apek. Lalu bahan yang kedua adalah dengan menyiap satu sendok makan tepung terigu.

Setelah itu, bahan yang anda butuhkan untuk mengolah cireng ini adalah dengan menyiapkan seperempat bubuk merica. Bubuk merica ini dapat dikatakan sesuai dengan selera anda, dapat anda tambahkan lebih atau anda kurangi. Bahan selanjutnya adalah dua lembar daun seledri dan juga daun bawang. Lalu Santan dengan takaran 200ml dimana anda dapat memilih santan peras manual ataupun santan instan yang lebih praktis.

Bahan selanjutnya untuk Cara Mengolah Aci Goreng renyah dan juga sedap adalah empat suing bawang putih yang berukuran sedang lalu ¼ sendok teh ataupun sesuai selera anda yakni bahwan tambahan berupa garam dan penyedap rasa. Lalu bahan terakhir yang perlu anda persiapkan adalah minyak sesuai dengan kebutuhan anda saat membuat cireng ini.

Setelah seluruh bahan baku terkumpul, maka tahap selanjutnya adalah mengolah bahan tersebut untuk dijadikan aci mentah sebelum di goreng.  Langkah pertama adalah menyiapkan satu wadah untuk menampung dan mencampurkan satu sendok terigu setya 250gr tepung tapioka. Pencampuran harus dilakukan hingga kedua tepung tersebut dapat bercampur secara merata. Setelah itu langkah berikutnya yakni menyiapkan penggorengan yang telah diisi minyak dan dipanaskan untuk menumis bawang putih yang telah dihaluskan.


Setelah bau harum tumisan bawang keluar, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan santan sebanyak 200ml ke dalam penggorengan dan mengaduknya secara perlahan agar santan tidak pecah saat matang. Saat santan telah mendidih maka langkah selanjutnya adalah mematikan api dan mengangkat adonan santan tersebut untuk dimasukkan ke dalam wadah yang sudah diberikan campuran tepung sebelumnya tadi.

Tuang santan secara perlahan sembari di ulet ulet hingga rata bercampur dengan kombinasi kedua tepung tadi. Setelah dirasa campuran santan dan juga tepung rata menjadi satu dalam wadah, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pencetakan adonan tersebut sesuai dengan keinginan atau kreativitas anda. Yang terpenting dalam proses pembentukan ini adalah hasil dari aci yang telah terbentuk tidak terlalu tebal maupun tipis sehingga akan menghasilkan cireng yang renyah dan sedap.

Langkah terakhir adalah menggoreng seluruh adonan yang telah dicetak hingga matang. Api kecil sangat di sarankan untuk tahapan yang satu ini. Setelah dirasa matang dan tidak gosong, maka cireng siap diangkat, ditiris setelahnya dihidangkan untuk cemilan anda bersama dengan keluarga. Demikian Cara Mengolah Aci Goreng yang renyah dan juga sedap yang dapat anda buat sendiri di rumah.