Kamis, 01 Maret 2018

Cara Mengolah Apel Menjadi Cuka Apel


Cara mengolah apel menjadi cuka - Cuka apel adalah salah satu bahan tambahan makan yang dibuat dari bahan dasarnya buah apel. Buah apel sendiri di kalangan masyarakat banyak sekali dijadikan berbagai macam varian menu selain dikonsumsi secara langsung. Dan salah satunya adalah cuka apel ini yang merupakan hasil fermentasi dari buah apel itu sendiri. Cuka apel sendiri memiliki banyak sekali manfaat dalam segi kesehatan tubuh. Maka daripada itulah tidak heran bila sangat banyak sekali varian obat herbal yang memanfaatkan cuka apel ini sebagai salah satu bahannya.


Cara mengolah apel menjadi cuka

Anda yang ingin mencoba cuka apel ini dirumah baik sebagai salah satu tambahan pada makanan anda, atau akan anda ambil manfaatnya untuk menjaga kesehatan anda, maka anda bisa mendapatkan cuka apel ini di toko toko oleh oleh ataupun apotik terdekat. Namun jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah maka cara mengolah apel menjadi cuka apel yang akan di ulas dibawah ini dapat anda jadikan salah satu referensi anda untuk membuat cuka apel anda tersebut. Berikut adalah beberapa bahan dan juga langkah-langkah untuk membuat cuka apel.

Bahan utama untuk membuat cuka apel ini tentu saja adalah buah apel yang telah dicuci bersih sebersih mungkin. Bahkan kalau bisa sudah hilang kandungan pestisida yang ada di kulit luaran buah apel tersebut. Setelah dicuci bersih maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemotongan terhadap buah apel yang telah dicuci tersebut. Potong buah apel tersebut dengan ukuran kecil dan tipis tipis. Biji apel ataupun tulang tengah apel juga dapat diikutkan sekalian. Untuk masalah bahan utama ini tidak ada takarannya, sesuaikan dengan keinginan anda masing masing.

cuka apel

Setelah dipotong potong maka selanjutnya adalah melakukan perendaman terhadap apel yang telah terpotong potong tipis tersebut. Buah apel dapat dimasukkan ke dalam satu wadah khusus yang ukurannya cukup untuk merendam seluruh buah apel yang terpotong potong tipis tersebut. Rendam saja dengan menggunakan air. Yang terpenting adalah dengan memastikan bahwa buah apel yang telah terpotong tersebut terendam di bawah air. Bisa juga ditambahkan campuran gula pasir di dalamnya sebanyak ¼ gelas. Setelah itu mengaduk campuran air dan apel dengan rata.

Setelah terendam maka proses selanjutnya adalah mendiamkan rendaman tersebut hingga sampai kurun waktu satu minggu ataupun lebih. Jika nantinya muncul jamur di dalam rendaman cuka apel, maka itu adalah hal yang wajar. Janur tersebut dapat dibuang selanjutnya dan bukan berarti rendaman cuka apel gagal. Setelah pembersihan dalam jamur, maka saatnya menempatkan cuka apel atau rendaman apel ke dalam toples yang memiliki penutup . Setelah seluruh cairan masuk toples maka mendiamkannya kembali sampai kurun waktu 6 minggu.

Pendiaman yang kedua kali dalam kurun waktu enam minggu ini akan membuat fermentasi dari apel tersebut semakin matang kemudian. Dapat juga setelah enam minggu ini disimpan ke dalam lemari es agar semakin menyegarkan saat di konsumsi. Begitulah cara mengolah apel menjadi cuka apel yang dapat dibuat sendiri di rumah anda masing masing.