Kamis, 01 Maret 2018

Cara Mengolah Daging Sapi Menjadi Abon


Cara mengolah daging sapi - Abon merupakan salah satu bahan tambahan yang dapat digunakan sebagai pelengkap lauk saat seseorang mengkonsumsi makanan. Berbentuk seperti parutan kelapa atau bahkan lebih halus lagi, abon memiliki cita rasa yang khas yang selalu mampu memanjakan lidah para pengkonsumsinya. Ada beragam jenis abon yang dapat ditemui di pasaran Indonesia dan salah satunya adalah abon dengan bahan dasar utamanya adalah daging sapi.


Cara mengolah daging sapi menjadi abon

Abon daging sapi ini sangatlah digemari oleh banyak orang termasuk anak-anak. Untuk cara membuatnya pun juga sangatlah mudah. Hanya dibutuhkan beberapa kelonggaran waktu untuk mempersiapkan bahan bahan yang akan diolah menjadi abon daging sapi. Selain untuk lauk, abon juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bahan tambahan atau campuran di dalam beberapa makanan ringan, seperti roti, pastel dan lain sebagainya. Lalu bagaimana Cara Mengolah Daging Sapi menjadi abon yang benar dan lezat.
Sebelum masuk ke dalam langkah langkah pembuatannya, perlu diketahui terlebih dahulu beberapa bahan utama dan juga bahan tambahan yang digunakan untuk membuat abon daging sapi ini. Di mulai dari bahan pertama dan juga utama yakni daging sapi itu sendiri dengan khualitas yang terbaik karena jika abon dibuat sendiri tentunya akan dinikmati sendiri bersama dengan keluarga. Daging sapi kualitas terbaik tersebut dengan takaran 1kg. Jangan lupa pilih daging sapi yang bebas atau hanya sedikit kandungan lemak di dalamnya.

Setelah daging sapi, lalu selanjutnya adalah bawang putih dengan takaran 40gr yang sudah dikupas dan dibersihkan dari kotoran serta kulit luarnya. Ketumbar halus sebanyak 5gr, bawang merah dengan takaran 25gr, daun salam sebanyaj 2lbr, 75gr gula pasir, lengkuas yang telah dimemarkan dengan takaran 5 sampai dengan 7gr. Bahan tambahan selanjutnya adalah asam jawa dengan takaran 5gr, parutan buah kelapa dan sekaligus santannya sebanyak 200ml. Sereh sebanyak 1 potong juga dimemarkan, 600ml air bersih dan yang terakhir adalah minya secukupnya saja.

Setelah persiapan bahan tel,ah selesai maka selanjutnya masuk ke dalam langkah Cara Mengolah Daging Sapi menjadi abon yang benar dan juga lezat. Langkah pertama adalah membersihkan daging sapi sebersih munkin, lalu selanjutnya memotong daging tersebut menjadi beberaoa bagian dengan tujuan agar lebih menggampangkan proses penyuiran daging sapi tersebut. Setelah itu daging sapi di rebus dengan api kecil dalam kurun waktu 1 jam.

abon sapi

Setelah itu daging sapi diangkat lalu ditiriskan sebentar saja. Setelah dirasa tidak panas maka saatnya untuk menyuiri daging tersebut menjadi suwiran kecil kecil. Dan setelah tersuir maka selanjutnya daging sapi ditumbuk hingga halus lalu diamkan sebentar. Langkah berikutnya adalah menghaluskan bawang merah, putih dan juga ketumbar lalu setelah itu menumis bumbu tersebut . Setelah tercium bau harum maka saatnya untuk memasukkan bahan bahan lainnya dan mengaduknya hingga bercampur rata.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan santan dan mengaduknya secara terus menerus. Dan setelah itu masukkan daging sapi suwir tersebut sedikit demi sedikit dan setelahnya adalah terus melakukan pengadukan hingga santan menjadi kering. Setelah kering, saatnya untuk mengangkat daging abon tersebut lalu dimasukkan ke dalam penggorengan untuk menggoreng daging abon tersebut. Setelah dirasa kering maka selanjutnya adalah meniriskan abon tersebut dan selesai.

Abon daging sapi siap untuk dinikmati. Ternyata cukup mudah bukan untuk Cara Mengolah Daging Sapi menjadi abon daging sapi yang benar dan juga lezat. Anda bisa mencobanya di rumah anda masing masing.