Kamis, 01 Maret 2018

Cara Mengolah Jajanan Bakpia Basah Yang Mudah

Cara mengolah Bakpia - Bakpia merupakan salah satu kuliner Indonesia yang memiliki kelezatan rasa jika dijadikan sebuah cemilan sehari hari. Olahan jajanan bakpia ini yang paling populer adalah bakpia patok yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan populernya jajanan ini, maka dapat dipastikan bahwa banyak orang termasuk anda yang ingin mengetahui resep untuk membuat bakpia basah. Maka daripada itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai Cara Mengolah Jajanan Bakpia Basah yang mudah anda buat dan terapkan di rumah anda.

bakpia
www.albumcara.com


Cara mengolah Bakpia basah

Anda dapat menjadikan bakpia basah olahan anda untuk jajanan di rumah anda, cemilan bersama dengan keluarga dan juga teman teman anda ataupun juga dapat anda jual di warung warung dekat anda. Pertama tama sudah jelas bila persiapan bahan baku utama dan tambahan adalah syarat terpenting untuk membuat sebuah olahan makanan ataupun olahan apapun. Bahan utama untuk membuat bakpia basah adalah tepung terigu. Siapkan tepung terigu dengan takaran 250gr atau ¼ kg.

Setelah itu lalu mempersipkan bahan untuk memberikan rasa terhnadap bakpia yang diantaranya adalah 70gr gula pasir atau jika anda gunakan sendok maka takarannya adalah 3 sendok makan. Lalu 1 sendok teh ragi atau 6gr. 1 bungkus vanili atau bisa anda gunakan juga 1 sachet energen yang memiliki rasa vanilla. 1 butir telur, 1 sendok makan mentega, 120ml atau ½ gelas kecil air. Dan untuk isian dari bakpia basah yang ingin anda buat, maka dapat anda tambahkan beberapa isian sesuai dengan selera anda.

bakpia basah


Langkah pertama untuk memulai cara mengolah bakpia basah anda adalah dengan mencampurkan seluruh kombinasi bahan kering yang diantaranya adalah tepung terigu, gula dan juga ragi ditambah vanili. Setelah itu selanjutnya adalah mengocok telur ke dalam air dan menuangkannya ke dalam campuran bahan kering lalu mengaduk seluruh campuran bahan secara merata. Setelah tercampur rata pastikan kalau adonan tersebut benar benar lengket agar hasil akhirnya bisa benar benar empuk.

Setelah itu maka selanjutnya adalah memasukkan margarine yang telah disiapkan dan mengaduknya secara merata lalu tutup dan diamkan dalam kurun waktu 1 jam. Setelah 1 jam berlalu maka selanjutnya adalah melihatnya, jika adonan telah mengembang maka selanjutnya adalah mencetak adonan dengan mengambil adonan beberapa bagian. Tips yang dapat digunakan untuk mencetak adonan adalah dengan mengambil adonan sebesar pentol atau dengan takaran 30gr.

Setalah itu masukkan isian dan bentuk adonan 30gr menjadi pipih untuk ditaruh di Loyang sebelum di oven. Setelah adonan tercetak seluruhnya maka saatnya meletakkan adonan yang tercetak ke dalam Loyang dan susun secara rapi. Setelah itu masukkan Loyang ke dalam oven dengan ukuran api besar. Tunggu hingga adonan yang telah dicetak berwarna kecoklatan pada bagian bawah pia yang menempel ke Loyang. Dengan warna coklat tersebut berarti bakpia basah telah matang dan siap untuk disajikan.

Nah begitulah Cara Mengolah Jajanan Bakpia Basah yang ternyata sangatlah mudah untuk anda buat sendiri di rumah anda.