Kamis, 01 Maret 2018

Cara Mengolah Kayu Jati Menjadi Kursi Sederhana

Cara mengolah kayu jati - Kayu jati merupakan salah satu komoditi terbesar yang di miliki Indonesia pada bidang perkayuan. Khualitas dari jenis kayu jati ini yang lebih baik daripada kayu lainnya membuat kayu jati ini menjadi salah satu primadona bahan baku di Indonesia. Kayu jati sendiri di Indonesia banyak dijadikan berbagai macam bahan baku, dari mulai bahan baku pembuatan kerangka atap rumah, maupun mebel. Salah satu mebel yang berbahan baku bahan jati adalah kursi.

kursi kayu jati
www.albumcara.com

Cara mengolah kayu jati menjadi berharga

Kursi dengan bahan baku kayu jati ini sangatlah diminati di pasaran Indonesia ataupun dunia. Hal ini dikarenakan khualitas dan juga daya tahan dari kayu jati sendiri yang sangat baik saat dijadikan bahan baku dasar dari pembuatan mebel kursi. Para pengrajin kayu yang ada di Indonesia selalu memanfaatkan salah satu kayu terbaik ini untuk meningkatkan kreativitas seni kerajinannya. Lalu sebenarnya bagaimanakah Cara Mengolah Kayu Jati menjadi kursi sederhana yang dilakukan oleh para pengrajin kayu?

Dibutuhkan beberapa langkah untuk membuat sebuah kursi sederhana baik dengan menggunakan bahan baku kayu jati ataupun kayu lainnya. Langkah pertama proses pengolahannya adalah dengan memilih dan membeli bahan dasar kayu jati yang sudah dipotong dan dibersihkan sehingga lebih memudahkan. Setelah itu, karena bahan tersebut memiliki ukuran panjang, maka setelahnya adalah memotong motong bahan yang telah dibeli sesuai ukuran kursi sederhada yang akan dikerjakan.

Setelah memotong motongnya sesuai dengan ukuran kursi sederhana yang akan dibuat maka selanjutnya adalah dengan menyiapkan beberapa paku yang berukuran besar berguna untuk mengait bagian bagian kayu menjadi sebuah bentuk kursi. Setelah itu maka saatnya untuk merangkai kayu kayu tersebut menggunakan paku paku besar menjadi bentuk kursi. Pastikan jika kursi memiliki empat sisi yang perlu diberikan penyangga kayu kayu yang telah dipotong.

kursi jati

Keempat penyangga dikaitkan satu sama lain menggunakan potongan kayu berukuran horizontal dipuku pada bagian sudut sudutnya sehingga dapat berdiri tegak keempat penyangga kursi tersebut. Setelah itu membuat kayu horizontal lagi yang akan digunakan untuk membuat pengunci atau paten kursi tersebut. Setelah kursi tersebut dipastikan dapat berdiri tegak dan tidak goyang, maka selanjutnya adalaah membuat bagian dudukan kursi. Dudukan tersebut berbentuk persegi atau yang lain sesuai dengan bentuk kursi yang akan dibuat.

Dudukan yang telah dibuat lalu dipasang diatas penyangga kursi dan dipaku. Setelah itu langkah selanjutnya yakni  menyempurnakan model kursi dengan amplas dan juga pewarnaan. Pewarnaan terbaik adalah dengan menggunakan pernis agar warna kayu jadi lebih keluar. Tahap terakhir adalah pengeringan bekas pernis dan setelahnya adalah kursi sederhana siap untuk digunakan.

Begitulah Cara Mengolah Kayu Jati menjadi sebuah kursi sederhana yang dapat digunakan sewaktu waktu dimanapun. Kursi kursi ini bisa digunakan juga sebagai bagian dari kursi cafae ataupun kursi rumah tangga.