Kamis, 01 Maret 2018

Cara Mengolah Parutan Kelapa Menjadi Kuliner Botok Selong



Cara mengolah parutan kelapa - Botok adalah salah satu kuliner tradisional yang berasal dari Indonesia. Kuliner ini masih menjadi salah satu kuliner idaman di kalangan masyarakat Indonesia sampai dengan saat ini. Dengan menggunakan bahan baku parutan kelapa dan lain sebagainya, botok mampu menjadi salah satu kuliner yang memiliki ciri khas tersendiri. Botok sendiri memiliki beberapa varian yang salah satunya adalah botok selong. Botok selong yang berasal dari Bandung ini memiliki rasa nikmat dan sedap untuk para penikmatnya.


Cara mengolah parutan kelapa menjadi botok

Nah, untuk anda yang ingin belajar membuat botok selong ini, Cara Mengolah Parutan Kelapa menjadi kuliner botok selong ini dapat anda coba di rumah anda. Karena cara dan juga resep yang disajikan dalam artikel ini akan lebih memudahkan anda dalam membuat varian kuliner botok yakni botok selong. Untuk membuat botok selong ini, anda perlu menyiapkan beberapa bahan utama yang diperlukan. Bahan pertama yang perlu dipersiapkan adalah 150gr pete selong atau bisa disebut dengan pete cina.

Bahan selanjutnya adalah 100gr parutan kelapa, dimana dalam membuat botok, parutan kelapa ini memanng menjadi salah satu bahan utamanya. Lalu 100gr udang rebon, 3 lembar daun pisang yang akan digunakan untuk membungkus olahan botok selong nantinya sebelum di kukus. Setelah persiapan bahan utama maka selanjutnya adalah persiapan bumbu halu untuk campuran botok yang diantaranya adalah bawang putih sebanyak 2 siung, bawang merah 4 siung, cabe merah 2 buah, cabe rawit 2 buah. Kencur sebanyak 3 butir, garam sebanyak 1 sendok teh, gula merah dan putih sesuai dengan selera.

botok selong

Setelah persiapan bahan lengkap, maka saatnya untuk memulai pengolahan botok selong. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengupas pete cina dan membersihkannya dari cangkang. Setelah pete cina bersih maka selanjutnya adalah dengan membersihkan udang rebon. Udang rebon dibersihkan sebersih mungkin sebelum ditumis dengan minyak goreng dengan takaran sedikit. Pastikan agar udang rebon tersebut digoreng sedang. Jangan terlalu kering maupun basah.

Lalu tiriskan udang rebon sebelum dicampurkan dengan pete cina bersih ke dalam satu wadah. Setelah dicampurkan antara pete dengan udang rebon, maka selanjutnya adalah memasukkan juga parutan kelapa yang telah disediakan. Campur dan aduk secara merata dan sisihkan untuk selanjutnya menyiapkan bumbu halus untuk memberikan rasa kepada botok selong tersebut. Setelah bumbu halus jadi maka bumbu tersebut dicampur dan diaduk secara merata bersama dengan campuran udang pete dan kelapa parut.

Selanjutnya adalah memotong motong daun pisang dengan ukuran sedang untuk membungkus adonan botok. Masukkan adonan botok sebanyak kira kira 2 sendok makan atau juga bisa sesuai dengan selera anda masing masing. Setelah seluruh adonan terbungkus rapi maka selanjutnya adalah menyiapkan kukusan dan mengukus botok selong tersebut. Tunggu selama 15 menit atau 20 menit dan botok selong siap untuk dinikmati. Begitulah Cara Mengolah Parutan Kelapa menjadi kuliner botok selong yang bisa anda coba di rumah.