Kamis, 19 April 2018

Cara Membuat Japanese Coffe Atau Es Kopi Tanpa Ampas


Cara membuat japanese coffe - Di era modern seperti pada saat ini, kopi menjadi salah satu jenis minuman yang banyak diminati di kalangan masyarakat. Hal ini juga terbukti dengan banyaknya kedai kopi yang menjual kopi kopi original yang semakin menjamur di segala tempat termasuk di negara Indonesia ini. Salah satu jenis minuman kopi yang sangat banyak diminati dan juga sangat menggugah selera adalah Japanese Coffe atau bisa disebut dengan es kopi.


Japanese Coffe yang disebutkan disini adalah cara menikmati kopi seduh dengan metode penambahan es namun tanpa adanya ampas dalam secangkir kopi tersebut. Nah, untuk anda yang ingin mencoba membuat Japanese Coffe ini sendiri di rumah anda, maka resep cara membuat Japanese Coffe ini dapat anda praktekkan di rumah. Pertama tama, anda perlu mempersiapkan beberapa alat yang akan anda gunakan.

Di antara alat alat tersebut adalah saringan dari kertas filter khusus atau dari kain khusus yang dapat anda gunakan untuk menyaring kopi sebelum menjadi Japanese Coffe. Setelah alat telah anda siapkan, makan berikutnya anda membutuhkan bahan baku. Bahan baku yang anda butuhkan untuk membuat Japanese Coffe ini antara lain adalah kopi berjenis arabica yang memiliki berbagai macam rasa selain pahit dan juga asam. Lalu kemudian gula atau susu jika anda tidak menyukai pahit atau asam. Dan bahan terakhir adalah air.

Langkah untuk cara membuat Japanese Coffe antara lain adalah yang pertama, menggiling biji kopi arabica dengan menggunakan alat gilingan kopi khusus dengan ukuran 3. Untuk takaran yang akan anda gunakan dalam Japanese Coffe ini, anda dapat menggunkan 13gr Kopi dengan takaran air sebanyak 130gr. Setelah biji kopi anda giling, langkah berikutnya adalah menuangkan biji kopi tersebut ke dalam saringan yang telah anda persiapkan untuk selanjutnya anda dapat mendidihkan air hingga mencapai suhu 90 derajat.

Suhu air hingga 90 derajat ini bertujuan agar ekstraksi dari kopi benar-benar terjadi secara sempurna. Setelah air dirasa mendidih hingga titik didih 90 derajat, lalu kemudian saatnya untuk menuangkan air tersebut ke dalam saringan yang telah berisi kopi sebanyak 13gr. Air terus dituangkan sedikit demi sedikit dengan ukuran waktu tuang sampai dengan 3 menit. Pada proses inilah rasa dari kopi akan ditentukan. Air dituangkan hingga mencapai takaran 130gr.

japanese coffe

Setelah proses penuangan selesai, langkah berikutnya dalam cara membuat Japanese Coffe adalah mendiamkan kopi saring untuk beberapa saat kemudian agar ekstrasi dapat lebih sempurna. Setelah itu, anda dapat menambahkan es batu ke dalam kopi saring yang telah anda buat. Setelah itu, Japanese Coffe dapat anda sajikan dan anda nikmati. Karakter rasa dari kopi arabica yang diseduh dengan metode ini adalah lebih mengeluarkan rasa asam dari pada pahitnya.

Begitulah cara membuat Japanese Coffe yang sangatlah mudah dan juga sederhana untuk anda praktekkan di rumah anda masing-masing. Untuk anda yang tidak suka dengan pahit atau asam kopi, maka anda dapat menambahkan gula maupun susu yang telah anda persiapkan sebelumnya.