Kamis, 05 April 2018

Cara Membuat Nasi Kuning Sederhana


Cara membuat nasi kuning sederhana - Siapa yang tidak tahu dengan nasi kuning khas yang berasal dari Indonesia? Aroma dari rempah kunyit yang dijadikan sebagai salah satu bahan baku menjadikan nasi kuning ini sangatlah nikmat untuk disantap oleh siapa saja. Di Indonesia sendiri, nasi kuning ini biasa dibuat dan digunakan selain untuk dijual diwarung, juga untuk berbagai macam acara seperti tumpeng, syukuran dan lain sebagainya yang ada di Indonesia. Lalu, seperti apakah cara membuat nasi kuning yang sebenarnya? Berikut adalah resep dan cara pengolahannya.


Sebenarnya, cara untuk membuat olahan nasi kuning ini dapat dikatakan sangatlah sederhana, ada beberapa bumbu dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat nasi kuning ini. Bahan atau bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat nasi kuning ini diantaranya adalah beras yang belum dimasak dengan takaran 1kg ataupun juga dapat ditakar menggunakan cangkir dengan takaran 8 cangkir. Bahan selanjutnya adalah daun salam dengan takaran 4 lembar, batang serai sebanyak 2 buah yang telah dimemarkan sebelumnya.

Baca juga :


Bahan berikutnya adalah santan dengan takaran 900ml. Santan yang digunakan disini adalah santan perasan kedua dari kelapa yang telah diparut sebelumnya. Bahan berikutnya untuk memberikan warna kuning adalah kunyit sebanyak 1 ruas jari saja, jahe sebanyak ½ ruas jari, lengkuas muda sepanjang 2cm atau 2 ruas jari, bawang merah sebanyak 5 siung, garam sebanyak 4 sendok teh, daun pandan wangi sebanyak 2 lembar dan juga lauk pauk ataupun sayuran sesuai dengan selera atau keinginan masing masing.

cara membuat nasi kuning spesial

Bahan yang telah dipersiapkan lalu diolah dengan cara yang pertama adalah dengan membersihkan beras 1kg yang telah dipersiapkan. Beras ini dicuci bersih hingga air dari cucian beras berwarna jernih. Setelah melakukan pencucian terhadap beras tersebut, lalu langkah selanjutnya adalah dengan merendam beras tersebut ke dalam air. Sembari menunggu beberapa menit perendaman beras tersebut, persiapkan juga bumbu halus yang akan dicampur untuk mengolaah beras tersebut.

Beberapa bumbu yang perlu dihaluskan diantaranya adalah kunyit, jahe, lengkuas, bawang mera dan juga garam. Bumbu yang telah dihaluskan ini dapat direbus terlebih dahulu bersama dengan santan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Hal ini bertujuan agar bumbu dan santan tersebut dapat benar benar meresap ke dalam beras yang dimasak berikutnya. Setelah itu cara membuat nasi kuning sederhana berikutnya adalah dengan membuang air rendaman beras lalu kemudian menggantinya dengan santan bumbu yang telah disaring.

Langkah berikutnya adalah memasak beras dengan cara merebusnya menggunakan api sedang sampai dengan air yang berada di dalam rebusan beras menyusut dan beras berubah teksturnya dari keras menjadi agak empuk. Pada saat perebusan ini, tambahkan juga daun salam dan juga serai ke dalamnya. Setelah itu, angkat serai dan daun salam, lalu pindahkan nasih setengah matang tersebut ke dalam panci kukus dan tambahkan pandan wangi.

Berikutnya, adalah mengukus nasi tersebut dalam kurun waktu 1 sampai dengan 1,5 jam hingga nasi kuning menjadi benar benar tanak. Setelah nasi benar benar tanak, maka berikutnya adalah nasi kuning sudah bisa disajikan dengan tambahan berbagai macam lauk. Begitulah mengenai bagaimana cara membuat nasi kuning yang sangatlah sederhana.