Selasa, 17 April 2018

Cara Membuat Tahu Mudah Dan Sederhana


Cara membuat tahu - Siapa yang tidak kenal dengan tahu? Apalagi, apabila anda adalah salah satu penduduk negara Indonesia, sudah pastinya sangat mengenal dengan jenis makanan yang satu ini. Teksturnya yang empuk dan dibuat dari bahan kedelai berkhualitas,  menjadikan jenis makanan yang satu ini banyak diolah menjadi berbagai macam bahan kuliner menarik, dari mulai tahu goreng sampai dengan sayur sayuran yang dikombinasikan dengan tahu ini sendiri. Lalu, seperti apakah cara membuat tahu sendiri? Apakah sangat sederhana untuk dibuat dirumah anda masing-masing? Berikut adalah langkah dan juga resepnya.


Untuk membuat sebuah tahu, tentu saja bahan utama yang perlu dipersiapkan adalah berupa kedelai dengan khualitas baik. Hal ini agar menjadikan tahu yang dibuat dan dikonsumsi nantinya akan sangat nikmat. Kedelai dengan khualitas baik tersebut kemudian disortir kembali dan dipilih biji-biji kedelai yang memiliki ukuran besar. Setelah proses pennsortiran selesai, dan didapati kedelai berkhualitas yang memiliki ukuran besar, langkah berikutnya adalah dengan melakukan pencucian terhadap kedelai yang telah disortir. Pada proses pencucian ini, tidak serta merta hanya seperti dibilas dengan air saja, melainkan juga dilakukan proses perendaman.

Untuk lama waktu yang dibutuhkan pada saat proses perendaman ini, kurang lebih sekitar 6 jam. Kedelai berukuran besar yang telah melalui proses perendaman selama enam jam ini untuk selanjutnya ditiriskan dan kemudian dilakukan proses pencucian kembali dalam kurun waktu sekitaran setengah jam saja. Setelah kurun waktu setengah jam berlalu, maka masuk langkah berikutnya yaitu dengan membagi bagi kedelai yang telah dicuci bersih kedalam beberapa wadah berbeda. Wadah ini, dalam proses pembuatan tahu biasasnya disebut dengan ebleg. Ebleg adalah sebuah wadah yang bahan dasarnya terbuat dari bambu maupun juga plastik.

Langkah berikutnya dalam cara membuat tahu adalah dengan melakukan penggilingan terhadap bahan baku kedelai tersebut hingga benar-benar menjadi halus. Pada proses ini kemudian, butir kedelai yang digiling halus akan mengalir hingga habis ke dalam sebuah tong yang telah dipersiapkan untuk penampungan. Setelah keseluruhan kedelai masuk ke dalam tong penampungan, maka langkah berikutnya adalah memindahkannya ke dalam wajan berukuran besar untuk dilakukan perebusan hingga bahan cair tersebut menjadi mendidih. Proses berikutnya setelah bahan kedelai mendidih adalah melakukan penyarngan kembali dari wajan menuju ke penampungan dengan menggunakan kain mori yang bertekstur kasar.

cara membuat tahu

Pada proses cara membuat tahu, saringan air kedelai yang berada di dalam tong adalah ahan yang akan digunakan berikutnya. Pada proses ini, asam cuka menjadi salah satu bahan penting untuk pengolahannya. Setelah itu, proses berikutnya adalah menunggu hingga adonan mengalami pengendapan, untuk kemudian gumpalan atau biasa disebut dengan jonjot tahu dituangkan ke dalam sebuah wadah dengan ukuran tertentu sesuai dengan selera anda. Setelah anda pindahkan adonan tersebut, langkah berikutnya adalah mengempa adonan hingga air benar benar habis. Setelah itu, anda bisa memotong motong tahu sesuai keinginan anda untuk anda nikmati bersama dengan keluarga.

Begitulah caraa membuat tahu mudah dan sederhana dalam prosesnya, yang dapat anda coba dirumah anda masing-masing. Anda dapat menjadikan tahu tersebut bahan santapan anda ataupun juga sebagai bahan untuk anda jual kembali kemudian di pasar-pasar terdekat yang ada di sekitar tempat anda.