Minggu, 01 April 2018

Cara Mengolah Beras Kencur Yang Segar


Cara mengolah beras kencur - Beras Kencur merupakan salah satu kuliner minuman tradisional khas Indonesia tepatnya berasal dari pulau Jawa. Selain menjadi minuman tradisional khas Indonesia, beras kencur sendiri terkenal menjadi salah satu jamu atau minuman yang memiliki khasiat dan manfaat bagi para peminumnya. Berdasarkan taster rasa sendiri, beras kencur ini memiliki taster rasa pedas dari rempah yang tekombinasi dan ada sedikit rasa manis yang berasal dari gula batu.


Cara mengolah beras kencur yang sedap, segar dan sangat lezat saat dinikmati adalah sebagai berikut. Resep ini dapat anda praktikkan dirumah anda masing masing karena kemudahan bahan baku yang bisa anda dapatkan ditoko kelontong ataupun pasar tradisional di sekitar anda. Untuk membuat sebuah minuman tradisional beras kencur ini, ada beberapa langkah dimana yang pertama adalah mempersiapkan bahan baku yang dibutuhkan.

Bahan baku yang dibutuhkan untuk menjadi sebotol atau segelas minuman beras kencur adalah yang pertama, rimpang kencur sebanya 3 buah. Rimpang kencur sebanyak 3 buah ini sebelum dimasak haruslah dibersihkan secara menyeluruh dari kulitnya serta dari kotoran yang menempel. Setelah rimpang kencur dirasa sangat bersih maka saatnya untuk memarut 3 rimpang kencur yang telah dipersiapkan tersebut lalu sisihkan sebentar.

Selanjutnya adalah mengupas dan mencuci jahe sebanyak 1 rimpang hingga benar benar bersih lalu kemudian juga memarutnya dan sisihkan bersama kencur yang pertama telah terparut halus. Selanjutnya adalah merendam beras putih sebanyak 100gr dalam kurun waktu 3 jam lamanya. Setelah dirasa cukup dalam kurun waktu 3 jam, maka saatnya untuk menyangrai beras yang sudah direndam tersebut. Pesiapkan juga bahan asam jawa sebanyak 1 sendok makan, kunyit sebanyak 5cm yang telah dicuci bersih dan diparut, gula pasir secukupnya, gula jawa yang telah disisir halus secukupnya dan air sebanyak 3 gelas saja.

beras kencur

Untuk cara mengolah beras kencur selanjutnya adalah memanaskan air lalu merebus bahan yang telah dipersiapkan sebelumnya tersebut. Lama waktu merebus adalah hingga adonan tersebut benar-benar menjadi mendidih. Setelah kombinasi bahan benar-benar mendidih, maka saatnya untuk menyering air rebusan bahan tersebut dan memisahkan antara ampas dan airnya, karena yang akan digunakan untuk minuman tradisional beras kencur hanyalah airnya saja.

Langkah berikutnya adalah, beras yang telah disangrai dimasukkan ke dalam panci rebusan yang telah diisi dengan air saringan bahan bahan beras kencur. Langkah berikutnya adalah menunggu rebusan bahan bahan ini hingga beras yang ada di dalamnya mengendap sampai ke dasar panci. Dan setelah beras tersebut mengendap, maka saatnya untuk mematikan kompor dan menyajikan beras kencur yang telah jadi tersebut. Beras kencur akan sangat nikmat apabila disajikan dalam keadaan panas ataupun menggunakan es batu.

Nah begitulah cara mengolah beras kencur ala albumcara,nantikan artikel menarik lainnya.