Senin, 30 April 2018

Cara Mengolah Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Cara mengolah daun pepaya - Di Indonesia banyak sekali aneka jenis sayuran mualai yang rasanya gurih, manis, dan pahit. Yang menarik walau sayuran memiliki rasa pahit tetap saja ada yang suka karena rasa pahit pada sayuran itu ternyata menyimpan khasiat. Daun papaya merupakan salah satu sayuran yang memiliki rasa pahit dan memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Ternyata buah pepaya dapat diolah untuk mengurangi rasa pahitnya. Bagi kalian yang tidak tahan dengan rasa pahit daun pepaya maka ada cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit saat dimakan.

Cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit

Cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit

Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Daun pepaya dikonsumsi biasanya untuk mengatasi penyakit diare. Berikut ini kita akan membahas mengenai cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit pada saat dimakan.

Memanfaatkan garam kasar

Rasa pahit pada daun pepaya dapat berkurang dengan meremas-remas dengan garam kasar sampai daun menjadi layu. Setelah daun papaya layu tetap diamkan dengan campuran garam selama 15 menit. Setelah itu bilas daun pepaya sampai bersih. Garam berfungsi untuk mengeluarkan getah daun pepaya sehingga rasa pahitnya bisa hilang.

Merebus daun pepaya dengan daun lain

Daun yang dimaksud bukan berarti semua daun dapat digunakan. Rasa pahit pada daun pepaya akan hilang apabila direbus bersama dengan jenis dedaunan lain seperti merebus daun papaya dengan daun jambu biji, daun singkong atau daun jambu mete. Rebus hingga matang kemudian pisahkan daun papaya dengan daun yang lainnya. Maka daun pepaya siap untuk dimasak. Kalau rasa pahit pada daun papaya belum hilang makan proses merebus dengan daun lain dapat diulang. Satu hal yang bikin menarik adalah apabila daun pepaya di rebus bersama daun singkong maka akan menghasilkan rasa yang mantap.

Merebus dengan asam jawa

Asam jawa dipercaya dapat mengurangi rasa pahit pada daun pepaya. Caranya pun terbilang mudah karena hanya dengan merebus daun pepaya dan dicampur dengan asam jawa. Apabila rasa pahitnya belum juga ilang maka dapat menambahkan lagi asam jawanya. Selain mengurangi rasa pahit asam jawa juga bisa bikin wangi.

Meremas daun pepaya

Bagi kalian yang tidak suka ribet maka untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya cukup meremas-remas daun papaya di bawah air mengalir, sampai daun papaya layu sampai airnya tidak berwarna hijau lagi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan getah dan mengalir bersama air yang mengalir.

Demikianlah cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit saat dikonsumsi. Daun pepaya yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh maka dianjurkan untuk mencoba mengonsumsi daun pepaya secara rutin. Tanpa khawatir lagi akan rasa daun pepaya yang pahit karena sudah paham cara mengolahnya.