Minggu, 01 April 2018

Cara Mengolah Ketan Agar Benar Benar Matang


Cara mengolah ketan - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki makanan tradisional terbanyak. Hampir di setiap kota yang ada di Indonesia, sanggup dan memiliki makanan tradisionalnya sendiri-sendiri. Dan salah satu makanan tradisional yang banyak di kenal di seluruh penjuru tanah air adalah ketan. Ketan merupakan salah satu bahan makanan yang bentuknya adalah biji-bijian. Secara sekilas, ketan ini hampir sama bentuknya dengan beras apabila masih dalam keadaan belum dimasak.


Ketan sendiri di Indonesia dapat dijumpai baik di toko toko ataupun di pasar pasar tradisional. Dari bahan berupa ketan ini, seseorang dapat membuat berbagai macam menu olahan yang sangat nikmat untuk dihidadngkan dan juga dinikmati bersama dengan teman atau keluarga ttercinta. Lantas, bagaimnakah sebenarnya cara mengolah ketan itu sendiri. Seperti banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia bahwa untuk mengolah ketan memiliki tingkat kesulitan yang sangatlah lumayan.

Baca Juga :


Langsung saja, artikel ini akan membahas mengenai cara mengolah ketan yang mudah dan benar benar menjadi ketan yang matang untuk dinikmati. Pertama-tama yang perlu diketahui oleh siapapun yang akan mengolah ketan adalah, melakukan perendaman terhadap ketan yang telah dipersiapkan. Dan jangan lupa, ketan ini sendiri memiliki beberapa jenis kualitas. Untuk mendapatkan hasil dan rasa ketan yang benar-benar nikmat, maka kualitas terbaiklah yang harusnya dipilih.

Ketan berkhualitas terbaik tersebut direndam dalam air dalam kurun waktu setidaknya 40 menit sampai dengan 3 jam sebelum di masak. Hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan ketan menjadi empuk saat dinikmati. Dan selain itu juga dapat berfungsi untuk menghilangkan berbagai macam kotoran yang menempel pada ketan itu sendiri. Sambil menunggu proses perendaman selesai, selanjutnya adalah mempersiapkan bahan-bahan lainnya untuk menjadikan ketan tersebut matang dan gurih.

Berikut adalah bahan-bahannya: Pertama adalah santan encer dengan jumlah takaran sebanyak 250ml. Untuk ketan yang direndam seperti yang dikatakan di atas, dapat menggunakan takaran ketan sebanyak 250gr. Kedua adalah garam dengan takaran secukupnya saja. Lalu bahan yang ketiga adalaah daun pandan untuk bau harum dengan jumlah daun pandannya adalah 3 lbr. Setelah seluruh bahan terkumpul dan ketan telah dirasa cukup masa perendamannya, maka selanjutnya masuk kepada cara mengolah ketan hingga benar-benar matang.

Langkah pertama adalah mengukus ketan yang telah direndam dalam kurun waktu 15 menit. Setelah 15 menit, maka selanjutnya ketan dapat diangkat dari panci kukusan. Selanjutnya adalah mencampurkan santan, garam dan juga pandan lalu merebus keseluruh campuran bahan tersebut hingga benar benar mendidih. Setelah mendidih, maka selanjutnya adalah menuangkan campuran santan, garam, pandan ke dalam ketan yang sudah di kukus.

Langkah berikutnya adalah mengaduk ketan bersama dengan campuran bahan bahan yang sudah di tuang sebelumnya dan saatnya untuk kembali mengukusnya. Dalam proses mengukusn yang kedua ini, kurang lebih dibutuhkan waktu sekitar 30 sampai 45 menit hingga benar benar menjadi empuk. Setelah itu maka saatnya mengangkat ketan yang telah dikukus dan ketan siap untuk disajikan dengan berbagai macam toping yang diinginkan.

Nah bagaimana setelah mengetahui cara mengolah ketan agar benar benar matang ? tertarik untuk mencobanya ? ayo selamat mencoba.