Kamis, 05 April 2018

Cara Mengolah membuat Tempe Bumbu Balado Jengkol


Cara mengolah membuat tempe bumbu balado - Tempe merupakan salah satu makanan favorit yang ada di Indonesia. Tempe terbuat dari kedelai mentah yang telah dibersihkan dan ditambahkan dengan ragi untuk proses fementasinya. Rasanya yang empuk khas rasa kedelai, membuat lidah seakan bergoyang ketika menyantapnya. Tempe sendiri dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, baik dari mulai makanan ringan sampai dengan makanan berat seperti sayur dan lain sebagainya. Dan salah satu menu berat dengan bahan dasar tempe yang enak dan lezat saat disantap adalah tempe bumbu balado kombinasi jengkol.

cara membuat tempe balado
www.albumcara.com

Kelembutan rasa dari tempe dengan campuran bumbu baladosetengah pedas ditambahkan aroma serta rasa khas yang berasal daari jengkol, membuat sayur ini begitu lezat dan menggugah selera saat dinikmati. Lantas, bagaimanakah cara mengolah membuat tempe bumbu balado jengkol yang enak, nikmat serta lezat untuk dinikmati siapapun. Untuk membuatnya, tentu saja pertama harus mempersiapkan seluruh kebutuhan bahan baku sayur ini terlebih dahulu. Di antara bahan baku tersebut adalah tempe sebagai bahan utama dengan takaran ½ potong apabila tempe yang digunakan adalah tempe dengan bungkus plastic berbentuk persegi panjang.

Baca Juga :


Bahan berikutnya adalah jengkol dengan takaran secukupnya saja, atau sesuai dengan selera masing-masing yang akan menikmatinya. Lalu kemudian, bawang merah sebanyak 4 siung, bawang putih sebanyak 3 siung, cabe rawit sebanyak 4 buah atau lebih sesuai selera, cabe merah sebanya 6 buah, kemiri, gula pasir secukupnya, garam secukupnya, penyedap rasa secukupnya, tomat setengah buah, daun alam, air dengan takaran secukupnya dan minyak goreng. Setelah persiapan bahan baku dirasa cukup, maka selanjutnya adalah langkah langkah pembuatannya.

Langkah pertama untuk cara mengolah membuat tempe bumbu balado jengkol adalah dengan memotong tempe menjadi beberapa bagian. Kecil besarnya potongan dapat disesuaikan dengan keinginan sendiri-sendiri. Setelah tempe terpotong potong, lalu selanjutnya adalah menggoreng tempe tersebut hingga matang berwarna kuning kecoklatan. Lalu tempe dapat ditiriskan untuk setelahnya penggorengan dapat digunakan untuk menggoreng jengkol dengan ukuran setengah matang saja. Tempe dan jengkol yang sudah digoreng bisa dibiarkan untuk beberapa saat terlebih dahulu sambil mulai untuk menumis beberapa bumbu.

Keseluruhan bumbu dari mulai bawang putih, merah, cabe merah, cabe rawit, kemiri, gula pasir, garam, penyedap rasa, tomat, dapat dihaluskan secara bersamaan lalu kemudiian ditumis hingga mengeluarkan aroma harum. Setelah bumbu tumisan mengeluarkan aroma harum, maka selanjutnya adalah memasukkan air secukupnya yang telah disiapkan dan memasukkan tempe beserta jengkol goreng yang disisihkan sebelumnya. Aduk hingga merata dan jangan sampai lupa untuk memasukkan daun salam ke dalam adonan tersebut.

Setelah daun salam masuk, maka selanjutnya adalah menunggu hingga seluruh bumbu meresap dan air mengering. Dan terakhir, tempe bumbu balado kombinasi jengkol dapat diangkat disajikan dengan diberikan toping sesuai dengan keinginan lalu sajikan. Begitulah cara mengolah membuat tempe bumbu balado jengkol yang mudah, nikmat, enak, lezat serta sangatlah sederhana untuk dicoba dibuat oleh siapapun di rumah.