Minggu, 01 April 2018

Cara Mengolah Rempah Jadi Jamu Parem


Cara mengolah rempah - Jamu parem merupakan salah satu minuman khas yang berasal dari Jawa Timur Indonesia. Jamu parem sendiri memiliki berbagai manfaat yang menyehatkan bagi tubuh para pengkonsumsinya. Ada beberapa bahan yang berasal dari rempah-rempah Indonesia yang digunakan untuk membuat salah satu jenis jamu tradisional khas Jawa ini. Dan tentu saja, baik bahan-bahannya ataupun juga cara membuatnya, jamu parem ini tidaklah sulit seperti yang dibayangkan.


Berdasarkan manfaatnya, seseorang yang meminum jamu tradisional khas jawa ini, dapat membantunya untuk memberikan dampak kesegaran bagi tubuh dan juga pada zaman dahulu kala, paremm ini sangatlah dipercaya dapat digunakan sebagai salah satu obat diet tradisional yang dijual di masyarakat. Nah, untuk anda yang berminat untuk membuat salah satu jamu tradisional khas Jawa ini, berikut adalah cara mengolah rempah menjadi jamu parem.

Pertama tama, anda perlu mempersiapkan beberapa peralatan untuk mengolah bahan rempah menjadi jamu parem ini. Di antara peralatan tersebut adalah blender apabila menggunakan metode modern dan lebih simpel atau juga bisa menggunakan parutan agar terlihat lebih tradisional. Alat berikutnya adalah panci untuk merebus, saringan santan, sendok teh dan juga spatula yang akan digunakan untuk mengaduk seluruh kombinasi bahan dalam panci.

jamu parem

Setelah keseluruhan peralatan terkumpul, maka saatnya untuk mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan bahan untuk membuat parem di antaranya adalah kunir atau kunyit sebagai salah satu bahan utamanya, air bening, asam jawa, garam, gula jawa dan juga daun sirih. Keseluruhan bahan baku ini bisa anda dapatkan di pasar pasar tradisional di dekat tempat tinggal yang anda miliki. Harganya pun juga sangatlah murah.

Setelah seluruh bahan dan juga peralatan terkumpul, saatnya untuk memulai proses masuk kepada cara mengolah rempah menjadi jamu parem. Langkah pertama adalah memarut atau juga bisa dengan memblender bahan baku kunyit sebanyak 5 ons. Setelah memblender bahan kunyit maka selanjutnya adalah menambahkan air dengan takaran 15 gelas dalam satu tempat atau wadah. Langkah berikutnya adalah menyaring dan juha memasukkan seluruh bahan kedalam panci dan selanjutnya merebus keseluruhan bahan tersebut.

Saat proses  perebusan bahan tersebut, maka saatnya untuk memasukkan gula jawa yang telah disediakan dengan takaran secukupnya saja. Lalu menambahkan sedikit garam ke dalam adonan tersebut dengan takaran satu pucuk sendok teh saja. Setelah itu saatnya untuk memasukkan asam jawa sebagai salah satu bahan pelengkap untuk menambahkan rasa asam dalam jamu parem yang akan disajikan nantinya. Untuk lebih menambah kesan jamu di dalamnya dan menambahkan khasiat, maka anda bisa memasukkan daun sirih sebanya 2 sampai dengan 3 lembar saja.

Setelah bahan keseluruhan masuk dan tercampur  maka saatnya uduk mengaduknya secara merata dan menunggunya hingga benar-benar mendidih. Untuk cara mengolah rempah menjadi jamu parem ini, salah satu catatan terpenting adalah seluruh bahan haruslah bercampuh dan mendidih agar jamu parem yang dibuat dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama. Begitulah langkah mengolah beberapa rempah untuk membuah jamu tradisional parem.