Kamis, 03 Mei 2018

Cara Mengolah Bekicot Menjadi Makanan Sate Yang Nikmat Dan Lezat

Cara mengolah Bekicot - Dulu didaerah pedesaan biasanya banyak orang yang mencari bekicot untuk dikonsumsi atau di jadikan hewan ternak. Banyak yang bilang kalau daging bekicot dijadikan olahan sate bekicot, bahkan ada salah satu daerah yang sudah mencari daging bekicot untuk diproduksi dalam jumlah yang besar. Sehingga dibutuhkan cara mengolah bekicot yang tepat agar menghasilkan masakan yang nikmat.

Cara Mengolah Bekicot Menjadi Masakan Sate

Cara Mengolah Bekicot Menjadi Makanan Sate Yang Nikmat Dan Lezat

Ternyata ada sebagian orang yang mau mengolah karena pada daging bekicot mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan. Pada daging bekicot banyak mengandung protein, asam amino dan pada cangkangnya mengandung kalsium. Kandungan protein pada daging bekicot sekitar 12 gram per 100 gram. Selain itu ada lemak, kalsium, hidrat arang, dan vitamin B2 yang banyak dibutuhkan oleh tubuh.

Selain mengandung banyak nilai gizinya ternyata terdapat bakteri salmonella yang ada didalam daging bekicot. Tetapi terdapat cara untuk mengusir bakteri dengan cara mengolahnya dengan benar. Bagi kalian yang mulai penasaran bagaimana cara mengolahnya, maka simak informasi mengenai cara mengolah bekicot:

Langkah pertama yaitu proses pembersihan kotoran, masukkan bekicot yang masih hidup pada suatu tempat selama dua hari. Bekicot tidak perlu diberi pakan dan disiram setiap sore. Hal ini bertujuan agar semua kotoran, lender dan bau apek  yang ada dalam bekicot hilang dengan sendirinya.

Perendaman menggunakan campuran garam

Proses pembersihan selesai maka dilanjut proses perendaman menggunakan air yang mengandung garam. Proses perendamnya tidak perlu waktu banyak hanya sekitar 10 menit dan sambil di aduk rata. Proses ini dilakukan kurang lebih 4 kali sampai air rendaman akan benar-benar bersih dan jernih

Proses perebusan pertama

Pada perebusan ini daging bekicot direndam dalam air mendidih selama 15 menit dan sambil dibolak-balik, kemudian daging bekicot didinginkan.

Pemisahan dari cangkang

Setelah direbus maka proses selanjutnya pemisahan bekicot dari cangkang, kotoran, daging dan telurnya. Cara pemisahannya pun dapat menggunakan alat pencukil. Apabila ada telurnya maka dapat dibersihkan, langsung di goreng dan dimakan.  Untuk daging bekicotnya masih harus diproses lagi

Setelah daging teripsah dari cangkangnya maka daging bekicot pun harus dicuci kembali pada air yang mengalir agar semua kotoran yang masih menempel dapat ikut terbawa arus.

Setelah bersih maka daging bekicot direndam dalam air yang dicampuri cuka selama kurang lebi 5 menit

Setelah direndam dalam air cuka maka tahap selanjutnya proses perebusan akhir, kemudian dicuci lagi dan di potong-potong sesuai selera serta di padukan dengan bumbu-bumbu yang khas

Demikian cara mengolah bekicot yang benar agar dapat merasakan kenikmatannya serta aman dari bakteri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Bagi kalian yang ingin mengolah daging bekicot dapat mengikuti langkah-langkah diatas.