Kamis, 03 Mei 2018

Cara Mengolah Ikan Gabus Untuk Mendapatkan Albumin Terbaik


Cara mengolah ikan Gabus - Ikan gabus merupakan ikan berjenis predator yang hidup di area air tawar. Ikan gabus biasanya hidup di daerah rawa, sungai, danau, dan area persawahan. Ikan ini memiliki ukuran lumayan besar dan panjang sekitar 1 meter serta memiliki bentuk kepala seperti ular dan bersisik. Ikan gabus biasanya memakan ikan kecil, kodok, serangga dan berudu. ikan ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan karena pada ikan gabus terdapat kandungan albumin sehingga untuk dapat merasakan khasiatnya perlu cara mengolah ikan gabus untuk mendapatkan albumin yang tepat.

Cara Mengolah Ikan Gabus Untuk Pemula

Cara Mengolah Ikan Gabus Untuk Pemula
Ikan gabus memiliki nilai jual yang tinggi karena banyak khasiatnya yang tidak diragukan lagi untuk kesehatan. Kandungan albumin pada ikan gabus  merupakan jenis protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama bagi proses penyembuhan luka dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Fungsi albumin bagi tubuh yaitu untuk memelihara tekanan onkotik untuk memelihara fungsi ginjal, mengusung asam lemak menuju hati, sebagai larutan penyangga, mengikat ion Ca2+.  Bagi kalian yang mulai penasaran bagaimana cara mengolahnya maka simak penjelasan berikut, mengenai cara mengolah ikan gabus untuk mendapatkan albumin.

Pada pengolahan ikan gabus saat ini menggunakan metode ekstraksi albumin. Pada metode ini prosesnya adalah pemisahan zat aktif dari campurannya yang bertujuan untuk mendapatkan komponen atau senyawa kimia yang mudah diatur sesuai dosisnya. Pada metode ini banyak sekali jenisnya seperti refluks, soxhletasi dan refluks sehingga menghasilkan kualitas ekstrak gabus yang baik.

Selain menggunakan metode ektraksi, ikan gabus juga dapat diolah menjadi olahan masakan. Proses pengolahannya seperti berikut:
  • Menyiapkan bahan ikan gabus sekitar 2 kg dan dicuci sampai bersih
  • Selanjutnya memasak ikan gabus dalam ukuran api sedang-sedang saja.
  • Pada proses perebusan memakan waktu sekitar 40 menit
  • Kalau ikan gabus sudah matang maka proses selanjutnya adalah pemisahan daging dan tulangnya
  • Menyiapkan blender dan air secukupnya untuk membuat jus ikan gabus
  • Untuk menghilangkan bau amis maka dapat menambahkan jeruk nipis

Jus ikan gabus siap dikonsumsi sesuai kebutuhan. Alangkah lebih baik mengkonsumsi jus ikan gabus secara rutin 2 kali sehari pada waktu sore dan malam hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka dianjurkan mengkonsumsi jus ikan gabus secara 6 hari terturut-turut.

Demikianlah cara mengolah ikan gabus untuk mendapatkan albumin. Anda dapat membuat jus ikan gabus di rumah karena cara nya yang sederhana dan mudah dipraktekkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan di bidang kesehatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati dan mengeluarkan uang banyak.