Jumat, 04 Mei 2018

Cara Mengolah Kaki Sapi Menjadi Kikil Yang Empuk Dan Nikmat


Cara mengolah kaki sapi - Kikil merupakan bagian kulit sapi yang berada di bagian kaki sapi. Di Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai jenis masakan. Olahan masakan yang berbahan dari kaki sapi diolah menjadi sop kikil sapi, kikil kuah bening yang nikmat dan tentunya menyehatkan. Tetapi untuk menghasilkan olahan yang nikmat perlu cara mengolah kaki sapi dengan benar dan tepat untuk menghasilakan kikil yang empuk.

Begini Tips Mengolah Kaki Sapi Menjadi Kikil

Cara Mengolah Kaki Sapi Menjadi Kikil Yang Empuk Dan Nikmat

Pada kenyataannya banyak orang yang tidak bisa mengolah kikil sehingga pilihan selanjutnya memilih membeli kikil yang sudah jadi di pasaran. Tetapi membeli kikil yang sudah jadi bukan solusi yang tepat karena kalau mendapatkan kikil yang masih mentah maka anda harus tau cara mengolah kikil yang tepat sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat, empuk dan tidak berbau amis.

Pada saat mengolah kaki sapi perlu kesabaran karena kalau anda tidak sabar maka olahan kikilnya kerasa dan tidak enak. Mungkin anda mulai tidak sabar ingin tau cara mengolah kaki sapi menjadi kikil yang empuk dan nikmat. Maka simak penjelasan di bawah ini.

Membersihkan kikil
Setelah bahan tersedia maka langkah awal yaitu membersihkan kikil agar tidak ada kotoran yang menempel. Cara mencucinya pun harus menggunakan direndam dulu dalam air panas dan didiamkan selama 30 menit. Kemudian kikil dibersihkan seperti membersihkan pada umumnya. Apabila masih terdapat bulu pada kulit kaki sapi maka dapat dibersihkan dengan pisau.

Merebus kikil sapi
Bahan kikil yang sudah bersih maka langkah selanjutnya yaitu merebusnya hingga kikil menjadi empuk. Agar proses perebusan lebih cepat maka anda dapat merebusnya pada panic presto dengan memakan waktu kurang lebih 1 jam. Kalau anda tidak punya panic presto dapat menggunakan panic biasa tetapi dapat menguras waktu perebusan selama kurang lebih 2 sampai 3 jam baru kikil akan empuk. Pada saat merebus kikil maka anda padat menambahkan daun salam, jahe dan daun jeruk agar kikil akan lebih harum. Setelah selesai perebusan maka anda harus membuang air rebusannya agar kikil tidak berbau. Apabila kikil masih saja berbau maka kikil ditiriskan dan disiram dengan air bersih agar sisa baunya bisa hilang.

Setelah bau pada kikil hilang maka sudah bisa diolah sesuai selera. Untuk mendapatkan hasil olahan yang nikmat maka dapat dibumbui berbagai perpaduan rempaj-rempah yang khas. Bumbu itu seperti : bawang putih, daun salam, jeruk purut, kunyit, jahe dan lainnya

Demikianlah cara mengolah kaki sapi menjadi kikil yang empuk dan nikmat. Sebenarnya caranya tidak sesulit yang dibayangkan, kuncinya hanyalah sabar pada proses pengolahannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat dipraktekkan di rumah.