Rabu, 02 Mei 2018

Cara Mengolah Kulit Sapi Menjadi Kerupuk Yang Lezat


Cara mengolah kulit sapi menjadi kerupuk - Kerupuk merupakan makanan tambahan yang menjadi teman segala menu masakan. Sehingga menjadikan makanan kerupuk ini selalu diminati semua kalangan. Salah satunya kerupuk yang berasal dari olahan kulit sapi. Kerupuk kulit lebih dikenal dengan sebutan kerupuk rambak. Kulit binatang yang biasanya dijadikan bahan dasar membuat kerupuk pada umumnya berasal dari kulit kerbau atau sapi. Tentunnya kalian mulai penasaran bagaimana kulit binatang dapat diolah menjadi kerupuk yang gurih dan nikmat. Pada kesempatan ini kita akan membahas cara mengolah kulit sapi menjadi kerupuk.

Cara Mengolah Kulit Sapi Menjadi Kerupuk

Cara Mengolah Kulit Sapi Menjadi Kerupuk Yang Lezat

Kerupuk rambak memiliki harga yang lebih mahal dari krupuk-krupuk lainnya. Hal ini dikarenakan kerupuk rambak dibuat dari bahan kulit sapi yang terkadang langka. Kulit yang digunakan pun memiliki kualitas yang baik. Berikut ini cara mengolah kulit sapi menjadi kerupuk rambak yang memiliki cita rasa tinggi.

Menyiapkan bahan-bahan:
  • 1 kg kulit sapi yang sudah dibersihkan
  • Air kapur secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Peralatan yang tajam
  • Oven panjang
  • Wajan untuk menggoreng
  • Lahan yang cukup untuk menjemur

Bumbu halus yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk :
  • 15 siung bawang putih
  • 3 sendok makan garam
  • 2 sendok makan gula pasir

Cara mengolah dan menggoreng kulit sapi:
  1. Sebelum proses penggorengan, kulit sapi direndam ke dalam air kapur selama 2 hari. Kemudian membersihkan bulu kulit sapi dengan menggunakan pisau.
  2. Setelah kulit sapi bersih dari bulu-bulunya maka langkah selanjutnya proses penjemuran kulit sapi langsung ke terik sinar matahari sampai benar-benar kering.
  3. Memotong kulit sapi yang sudah dijemur sesuai selera dan sisihkan.
  4. Merebus potongan kulit sapi bersama bumbu halus yang sudah disiapkan hingga matang. Setelah direbus maka jemur kembali ke sinar matahari sampai kering
  5. Kemudian melakukan penggorengan tahap pertama dengan suhu yang sedang saja sampai krupuk kulit sapi mulai mekar, kemudian angkat dan tiriskan.
  6. Penggorengan tahap kedua. Kali ini menggoreng krupuk rambak dalam keadaan suhu yang besar agar kerupk akan mekar. Penggorengan dilakukan 2 kali ini bertujuan untuk mendapatkan rasa yang renyah dan lezat saat dimakan.
  7. Setelah kerupuk kering maka kerupuk siap dikemas dalam wadah tang tertutup rapat
  8. Maka kerupuk rambak siap dimakan dan dapat bertahan lama

Demikianlah cara mengolah kulit sapi menjadi kerupuk rambak yang memiliki rasa yang renyah, kreyes, dan gurih. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Bagi kalian yang ingin mencoba membuat kerupuk rambak sendiri maka dapat mengikuti langkah-langkah di atas.