Rabu, 02 Mei 2018

Cara Mengolah Sayuran Untuk Menu Diet Yang Sehat

Cara mengolah sayuran untuk menu diet - Sayuran merupakan makanan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan baik untuk dimakan setiap saat. Sayuran banyak mengandung serat, vitamin, dan mineral sehingga sayuran menjadi salah satu bahan makanan yang tidak boleh dilupakan. Sayuran juga sangat baik bagi seseorang yang sedang melakukan program diet. Tentunya tau cara mengolah sayuran untuk diet sehingga program dietnya berjalan dengan baik.

Cara Mengolah Sayuran Sebagai Menu Diet


Di negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai jenis sayuran sehingga kita tidak perlu susah-susah mencari sayuran. sehingga untuk menjalankan program diet dengan sayuran pun dapat berjalan dengan baik. Tentu banyak yang mulai penasaran bagaimana cara mengolah sayuran menjadi menu diet yang sehat. Berikut ini kita akan membahas cara mengolah sayuran untuk diet.

  • Mencuci sayuran hingga bersih

Sebelum mengkonsumsi sayuran sebaiknya dicuci sampai bersih, untuk sayuran yang dimakan dalam keadaan mentah seperti kacang panjang untuk lalapan. Alangkah lebih baik dimasukkan kedalam air panas sehingga terhindar dari kuman yang menyebabkan penyakit
  • Sayuran yang dimakan mentah

Sayuran yang berwarna hijau seperti kol, selada kriting, selada hijau merupakan sayuran yang dapat dimakan secara langsung. cara mengolah sayuran yang dimakan secara mentah, akan lebih baik dicuci dulu sampai bersih dan direndam kedalam air panas sebentar untuk membuhuh bakteri yang menempel.
  • Tidak memasak sayuran terlalu lama

Untuk menjaga kandungan gizi pada sayuran sebaiknya tidak memasak terlalu lama. Pada saat memasak sayuran sebaiknya tidak memanaskan sayuran dengan suhu yang berlebih, agar tidak merusak kandungan gizi yang ada pada sayuran. untuk memasak sayuran sebaiknya menggunakan oven microwave yang hanya memanaskan hingga mendidih sehingga membantu menjaga nutrisi dalam sayuran tidak hilang.
  • Masak untuk sekali makan

Sebelum memasak sayuran lebih baik memperhitungkan banyaknya bahan yang akan dimasak. Hal ini bertujuan untuk memasak sayuran sebaiknya dimasak sekali makan saja. Agar kandungan gizi yang ada apa pada sayuran tidak rusak.
  • Mencampur sayuran dengan bahan makanan lain

Saat ini banyak ank-anak yang tidak suka sayuran sehingga para ibu-ibu biasanya mencampurkan sayuran kedalam bahan masakan lain. Contoh pada saat membuat makanan omelet dapat dicampuri sayuran . hal ini bertujuan untuk menjaga sistem keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Tidak menyimpan sayuran lebih dari 4 jam

Makanan yang berbahan sayuran tidak bisa bertahan lama sehingga sebaiknya masak sayuran sesuai porsinya atau sekali makan saja. Kalau masih tetap ada sisanya agar kualitasnya tetap baik maka dapat dimasukkan ke dalam kulkas.

Demikianlah cara mengolah sayuran untuk menu diet yang baik dan tentunya menyehatkan karena nutrisi yang ada pada sayuran tidak rusak dan walau sedang menjalankan diet tubuh tetap menerima asupan nutrisi dari sayuran. semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua yang membacanya.